FANDOM

PERMAINAN
Grand Theft Auto
PengembangRockstar North
Tarantula Studios
PenerbitBMG Interactive
ASC Games
Tanggal rilis

PC
AU: 28 Februari 1998
EU: Oktober 1997
JP: 27 April 1999

PlayStation
AU: 30 Juni 1998
EU: 14 Desember 1997
JP: 27 Agustus 1998

Game Boy Color
NA: 22 November 1999
EU: Oktober 1999

PlatformPC
PlayStation
Game Boy Color
Rating

BBFC: 18
ESRB: M (Game Boy Color: T)
USK: 16+
OFLC: MA 15+ (Game Boy Color: M15+)
OFLC (NZ): R18
SELL: 16
ELSPA: 15+ (Game Boy Color)

ProtagonistPilihan pemain
LokasiLiberty City
San Andreas
Vice City
Tahun1997

Serial Grand Theft Auto
menurut kronologi waktu

Semesta 2D

1961London 1961
1969London 1969
1997Grand Theft Auto
2013Grand Theft Auto 2

Semesta 3D

1984Vice City Stories
1986Vice City
1992San Andreas
1998Liberty City Stories
2000Advance
2001Grand Theft Auto III

Semesta HD

2008Grand Theft Auto IV
         – The Lost and Damned
         – The Ballad of Gay Tony
2009Chinatown Wars
2013Grand Theft Auto Online
2013Grand Theft Auto V

You may be looking for the article on the Grand Theft Auto series.

Grand Theft Auto, atau yang sekarang biasa disebut sebagai Grand Theft Auto 1, untuk membedakannya dengan serialnya, adalah permainan pertama di serial Grand Theft Auto, dirilis untuk PlayStation, PC, dan kemudian Game Boy Color.

Grand Theft Auto: London 1969 muncul sebagai paket ekspansi untuk GTA, dan Grand Theft Auto: London 1961 merupakan paket ekspansi London 1969. Kedua paket ekspansi ini membutuhkan cakram GTA asli agar dapat bekerja.

Permainan ini awalnya merupakan proyek permainan/game yang bernama Race'n'Chase

Plot

Liberty City

  • Gangsta Bang

Pemain memulai karirnya di Liberty City, dan bekerja untuk gengnya Robert "Bubby" Seragliano. Mereka akan memerintahkan pemain mengerjakan beberapa pekerjaan, mulai dari mencuri taksi untuk membunuh kepala LCPD lewat bom mobil, sampai membunuh pengacaranya geng musuh Bubby, gengnya Sonetti. Salah satu misi juga melibatkan jebakan dalam bentuk bom dalam sebuah bus yang akan meledak jika kecepatan bus dibawah 50 mil per jam (sebuah rujukan dari film aksi Speed). Saat pemain sudah mendapat poin yang cukup, tangan kanannya SonettiCabot, akan menghubungi pemain, untuk berbicara dengannya. Saat bertemu, dia mengklaim bahwa pemain telah mengkhianati Sonetti si Pria Botak, dan pemain akan mati kalau itu terjadi lagi.

  • Heist Almighty

Sekali lagi, pemain bekerja dengan Bubby dan harus menyelesaikan beberapa pekerjaan untuk menuntaskan level ini. Dengan segera, Bubby memanggil pemain dengan memberi informasi bahwa "Sasha" telah diculik (menggagalkan misi akan mengungkapkan bahwa Sasha sebenarnya hanyalah anak anjing peliharaan Bubby). Pemain dapat memilih menyelamatkannya atau tidak; jika tidak, polisi akan menemukannya dan mengembalikannya ke Bubby. Setelah pemain menuntaskan beberapa pekerjaan (termasuk membunuh Sonetti) dan mendapat poin yang cukup lagi, Bubby akan memanggil pemain untuk menemuinya. Bubby berkata bahwa pemain telah bekerja denagn bagus, tetapi polisi hampir berhasil menemukannya. Untuk mencoba menyingkirkan perhatian polisi, Bubby memesan sebuah penerbangan ke San Andreas untuk pemain.

San Andreas

  • Mandarin Mayhem

Setelah tiba di San Andreas, pemain akan dikontak oleh gengnya Uncle Fu, dan mulai bekerja dengan mereka. Saat pemain sudah melakukan pekerjaan dan mendpat poin yang cukup, pemain bisa menemui Uncle Fu. Beliau menyatakan sedang membangun sebuah sindikat kriminal yang luar biasa besarnya, dan berkata bahwa pemain telah menghormati keluarganya.

  • Tequilla Slammer

Kemudian, pemain bekerja untuk El Burro. Saat pemain telah melakukan pekerjaan yang cukup, menyenangkan dia, dan mendapat poin yang cukup, dia akan meminta pemain untuk datang ke tempatnya. Lalu dia akan balas budi, dan memberi hadiah ke pemain secara "pribadi".

Vice City

  • Bent Cop Blues

Seorang polisi yang bernama Samuel Deever mengontak pemain karena dia merasa diganggu oleh sekelompok orang, kemudian pemain bekerja untuknya. Pemain harus mengerjakan beberapa pekerjaan lagi sampai mendapatkan poin yang cukup, untuk menemui Deever yang sudah marah. Dia berkata jika pemain "mengkhianatinya" lagi, maka dia akan membunuhnya.

  • Rasta Blasta

Sekarang pemain bekerja untuk Brother Marcus. Kebanyakan pekerjaannya melibatkan pembunuhan. Ketika pemain sudah mendapat poin yang cukup dan menemuinya, Marcus akan bangga, dan menyatakan bahwa pemain sudah menyelesaikan pekerjaannya. Dia berpikir bahwa pemain sudah melaksanakan pekerjaan yang sempurna, dan akhirnya dia berpikir bahwa dia tidak akan menemui pemain lagi.

Senjata

Artikel utama: Senjata di era GTA 1
  • Tinju - Orang tidak dapat terbunuh dengan senjata ini. Namun, ini dapat melumpuhkan orang sesaat.
  • Pistol - Kecepatan menembak yang lambat, tetapi dapat membunuh dengan satu tembakan. Kebanyakan amunisinya ditemukan di sekitar kota. Biasanya terletak di depan rumah sakit dan kantor polisi, dan merupakan senjata standar polisi dan kriminal.
  • Senapan mesin - Kecepatan menembak yang lebih cepat, tetapi amunisinya berada di tempat-tempat tertentu dan tidak memiliki banyak amunisi. Ini digunakan oleh polisi ketika pemain telah mendapat tingkat buron empat.
  • Peluncur roket - Hanya digunakan untuk menghancurkan kendaraan, tetapi bangunan juga akan terbakar jiia tertembak. Hanya ditemukan di tempat-tempat yang jarang.
  • Pelontar api - Dengan mudah meledakkan mobil dan membakar orang. Ini paling berguna untuk membunuh sekelompok musuh, dan merupakan senjata yang paling jarang.

Gameplay

Also on FANDOM

Random Wiki